Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sijuk Tahun 2021

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sijuk Tahun 2021

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sijuk Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021 bertempat di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Sijuk yang dibuka secara langsung pada pukul 09.00 WIB oleh Bupati Belitung (Bapak H. Sahani Saleh, S.Sos), didampingi Wakil Bupati Belitung (Bapak Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si serta dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Belitung daerah pemilihan III Sijuk-Badau, yaitu Bapak Junaidi Derani dan Bapak Suherman, Camat Sijuk, Kepala Desa se Kecamatan Sijuk, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan OPD yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan.

Camat Sijuk (Febriansyah, S.STP) dalam sambutannya menyampaikan laporan bidang pemerintahan yang berkenaan dengan jumlah penduduk di wilayah Kecamatan Sijuk, keagrariaan (pertanahan). Dalam kegiatan Musrenbang ini jumlah usulan yang telah masuk di Kecamatan yang merupakan hasil dari Musrenbang tingkat Desa yaitu sejumlah 149 usulan dari berbagai bidang.

Selanjutnya Bupati Belitung (Bapak H. Sahani Saleh, S.Sos) membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Sijuk Tahun 2021. Dalam sambutannya Bupati Belitung menyampaikan bahwa melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan salah satu tahapan awal dalam proses Perencanaan Pembangunan guna mengakomodir usulan-usulan kegiatan dari tingkat bawah ke atas dan Musrenbang di tingkat Kecamatan merupakan tahapan Musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di tingkat Desa masing-masing. Dalam sambutannya Bupati Belitung juga menyampaikan bahwa masyarakat harus senantiasa menjaga budaya dan kearifan lokal yang merupakan tolak ukur pembangunan di setiap Desa, dan baru-baru ini kita mendapat kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang kemarin juga beliau menitipkan pesan supaya masyarakat menjaga kearifan lokal Desa. Bupati juga mengatakan bahwa dengan menjaga kearifan lokal di era digital sekarang ini berdampak dalam menunjang bidang pariwisata khususnya di Desa dan secara umum di wilayah Kabupaten Belitung,  karena di Kabupaten Belitung merupakan salah satu Kabupaten yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat khususnya dalam pemanfaatan hutan sosial yang akan menjadi skala nasional maupun internasional yang beberapa waktu yang lalu saya juga telah melakukan audensi dengan Kementerian Maritim Republik Indonesia dan dengan penetapan UGG (Unesco Global Geopark) yang sebanding di kelas dunia harus kita jaga bersama-sama demi kemajuan masyakarat kita bersama. Belitung juga secara nasional merupakan indikator dengan keamanan terjaga karena tidak pernah ada konflik sosial yang disebabkan keragaman, suku dan agama walaupun masyarakat banyak perbedaan, tetapi tetap saling menjaga dan menghormati guna menghindari konflik di masyarakat. Di akhir sambutannya Bupati berpesan untuk selalu menjaga hutan dan kearifan lokal.

Acara Musrenbang Kecamatan Sijuk dilanjutkan dengan Pembahasan Usulan dari berbagai bidang yaitu : Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam dan Bidang Sosial Budaya di Desk masing-masing.

admin-sijuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 8 =