Sijuk Miliki Puskesmas Baru

Sijuk Miliki Puskesmas Baru

SIJUK – Bupati Belitung, Sahani Saleh resmikan Puskesmas Sijuk yang berlokasi desa Aik Selumar Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Senin (8/1).

Pada sambutannya, Sahani menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan perilaku hidup sehat dan sadar akan kesehatan. “Jangan saat sakit saja pergi ke Rumah Sakit atau Puskesmas” himbau Sahani.

Lebih lanjut Sahani menjelaskan bahwa pentingnya menumbuhkan sikap sadar akan kesehatan nantinya akan berdampak pada peningkatan kesehatan masyarakat. Makin cepat penyakit diketahui maka akan semakin cepat penanganan kesembuhannya.

Pembangunan puskesmas menggunakan Dana Insentif Daerah Tahun 2017. Sebelumnya, Puskesmas Sijuk berada di desa Sijuk sejak tahun 1988 dengan 1 kali mengalami pemugaran pada tahun 2008. Gedung Puskesmas yang di desa Sijuk memang belum memenuhi standar yang di syaratkan pada Permenkes Nomor: 75 Tahun 2014. Sehingga pada tahun 2017 baru bisa dibangun Gedung Puskesmas yang sesuai standard Permenkes tersebut.

Pembuatan Puskesmas Sijuk pada perjalanannya bukan tidak mengalami halangan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Suhandri, Sp. OG bahkan terharu sampai menitikkan air mata saat memberikan sambutan. Inilah hasil kerja keras dan kerjasama berbagai pihak.

“Harapannya diresmikannya Puskesmas Sijuk di desa Air Selumar ini dapat meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat terutama di Kecamatan Sijuk” ungkap Suhandri.

Acara dimeriahkan dengan beberapa tarian, salah satu yang menarik adalah tarian tentang tatacara hidup sehat yang dibawakan oleh penari binaan Puskesmas Sijuk. Tarian berisi pesan kesehatan tentang hidup bersih seperti membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan, gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dan lainnya.

Turut hadir wakil ketua DPRD Kabupaten Belitung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Belitung, Direktur RSUD H.Marsidi Judono, Camat, Kapolsek Sijuk , kepala Puskesmas se-Kabupaten Belitung , Kepala Desa se kecamatan Sijuk, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan lainnya. (MC.Belitung/Sity)

Sumber : Media Center Kabupaten Belitung

admin-sijuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 3 =