Wisata Edukasi Aik Rusa’ Berehun, Perpaduan Kreatifitas Dan Potensi Alam

Wisata Edukasi Aik Rusa’ Berehun, Perpaduan Kreatifitas Dan Potensi Alam

Sijuk, Media Center – Kreatifitas menjadi salah satu faktor berkembangnya pariwisata suatu daerah. Ditambah dengan dukungan potensi alam Belitung khususnya tambang timah dan kaolin yang telah diakui dunia ternyata perpaduan kekayaan dan kreatifitas ini mampu menyulap lokasi eks tambang menjadi wisata yang indah dan menarik.

Wisata Aik Rusa’ Berehun, Desa Terong Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dikenal dengan desa kreatif atas keberhasilannya mengubah kawasan bekas galian tambang yang sudah terbengkalai menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Di desa ini pengunjung dapat menikmati makanan khas Belitung yaitu makan bedulang, wisata air, homestay, camping ground, paket edukasi menganyam, melukis camping, melihat pemandangan di Bukit Tembalu, kawasan mangrove dan perkebunan sayur.

“Aik Rusa’ Berehun menawarkan paket wisata edukasi dengan mengajarkan kepada pengunjung cara memancing ikan khususnya air tawar pada kolam yang telah ditebari bibit ikan patin, ikannya bisa ditimbang dan dibawa pulang atau dimasak di lokasi sebagai hidangan” ujar Pembina Wisata Aik Rusa’ Berehun, Iswandi saat peresmian Wisata Aik Rusa’ Berehun sebagai Desa Binaan Bank Central Asia (BCA) dengan program Corporate Social Responsibility atau CSR oleh Direktur BCA dan jajarannya disaksikan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn, M. Si, Sabtu (4/5/2019).

Selain itu, terdapat paket wisata belajar tari-tarian dan bermain gambus. Tak kalah menarik adalah cooking class, dimana pengunjung akan diajarkan untuk memasak lauk untuk makan bedulang.

Direktur BCA, Vera Eve Lim menjelaskan beragam langkah dan inisiatif dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi wisata adalah dengan memfasilitasi beberapa pelatihan seperti layanan prima, standar layanan, creative selling skill, serta goldeh heart leadership, dan sebagainya. Dengan peresmian ini diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung, memajukan SDM lebih baik, hingga pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarkat daerah.

Wilayah ini dinamakan Aik Rusa’ karena masyarakat dahulu kala sering melihat kenampakan rusa minum air di kawasan tersebut. Rusa merupakan hewan langka yang saat ini sulit ditemukan di Belitong. Jenis rusa ini adalah Rusa Bawean (Axis Kuhlii) yang merupakan rusa terlangka dan terisolasi di Dunia. Tarif masuk ke lokasi wisata belum ditentukan, pengelola hanya menyiapkan kotak donasi untuk diisi pengunjung sesuai dengan keikhlasannya. (Siti Rofiqoh/IKP)

Sumber : Media Center Kabupaten Belitung

admin-sijuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =